Minggu, 03 Juni 2012

Cherish the Tradition

 Dari zaman dulu sampai sekarang semua orang pasti suka games, terutama anak-anak. Beberapa permainan tradisional sedikit-sedikit mulai ditinggalkan. Tapi masih ada juga kok permainan tradisional yang lestari sampai sekarang.

Yoyo
Siapa sih yang ga tau yoyo?
Si bulat bertali yang lincah naik turun ini masih di gemari lho. Kalo dulu kita kenal yoyo yang terbuat dari kayu bulat yang diberi tali supaya bisa dimainkan naik turun, sekarang ada juga kok yoyo modern yang terbuat dari berbagai bahan seperti plastik dengan ornamen yang unik. Bahkan sekarang ada juga pertandingan-pertandingan yoyo. Pertandingannya seru karena memperadukan kelincahan memainkan yoyo. Pesertanya juga bukan hanya anak-anak tetapi juga diikuti oleh orang dewasa yang beradu skill memainkan yoyo.

Layang-layang
Ga cuma di Indonesia, layang-layang juga merupakan permainan tradisional yang dikenal di negara-negara lain. Kalo dulu bentuknya sederhana, terbuat dari batang kayu yang ditempeli kertas dan diberi tali untuk menerbangkan. Sekarang layang-layang dibuat dengan bentuk yang beragam. Kompetisi layang-layang juga sering digelar, seperti yang biasa digelar di Bali.

Biji karet
Permainan ini biasanya dimainkan anak laki-laki. Cara mainnya yaitu dengan mengadu 2 buah biji karet, menumpuk keduanya lalu menghancurkannya dengan tangan, biji karet yang pecah akan kalah sedangkan biji karet yang bertahan adalah pemenangnya.

Kelereng
Lagi-lagi biaanya dimainkan oleh anak laki-laki. Berbeda negara berbeda pula aturan mainnya, tapi inti permainannya sama; pemain akan menembak kelerengnya ke arah kelereng lawan, jika mengenainya maka ia memenangkan permainan.


Selain permainan-permainan di atas, ada juga gasing, lompat tali, gobak sodor, ketapel, petak umpet, egrang, dll. Permainan-permainan tradisional ini harusnya bisa bertahan tanpa mengenal zaman. Permainan-permainan tradisional juga merupakan aktifitas sosial yang dapat menumbuhkan rasa sosial kita karena kita ikut langsung dalam permainan. Berbeda dengan permainan-permainan modern yang tidak berkontak sosial. Menurut beberapa pakar jenis permainan digital seperti pada Playstation, Xbox, Nintendo dan sejenisnya mengurangi aktifitas sosial sehingga menimbulkan kurangnya sosialisasi kita terhadap orang-orang di sekitar kita. jaga dan lestarikan permainan tradisional agar aktifitas sosial manusia yang akan datang tidak terbatas karena kecanggihan permainan-permainan digital yang modern ya..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar