Selasa, 26 Oktober 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pertumbuhan individu
      Individu ialah suatu sebutan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dalam kelompok masyarakat, sedangkan pengertian pertumbuhan adalah bertambahnya jangka, usia, panjangdan volume. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan adalah waktu.

Fungsi keluarga
     Pengertian fungsi keluarga ialah sebagai tempat bernaung dan berlindung kita dari semua ancaman luar. Macam - macan fungsi keluarga ialah membentuk suatu karakter,menjadi pendamping sebelum pendamping lainnya ( menikah ), tempat pembelaan terakhir ketika mempunyai masalah yang orang lain tidak bisa mengatasinya.

Individu, Keluarga dan Masyarakat
     Pengertian keluarga ialah ikatan sedarah atau ikatan batin yang kuat melebihi orang - orang terdekat lainnya. Masyarakat ialah suatu kelompok yang bermukim di suatu perkampungan/wilayah. Adapun 2 golongan masyarakat ialah masyarakat sosial dan tidak bersosial. Masyarakat industri ialah masyarakat yang mampu mengelola sumber daya sekitar dan mampu mengolah potensial yang ada di dirinya sendiri, sedangkan non industri ialah masyarakat syang tidak mempunyai ambisi bekerja ( potensi dalam dirinya sendiri ).

Hubungan antara Individu, Keluarga dan Masyarakat
     Makna individu ialah tidak berhubungan dengan yang lain ( sendiri ), makna keluarga ialah tempat berlindungnya dari interaksi makhluk sosial yang tidak baik, makna masyarakat ialah untuk melakukan interaksi sosial dengan makhluk yang bersosial. Adapun hubungan antara individu, keluarga dan masyarakat ialah untuk membentuk makhluk yang sosial dan bersifat baik.

Urbanisai
     Urbanisasi ialah perpindahan penduduk dari desa ke kota, adapun proses terjadinya urbanisasi karena adanya faktor ekonomi, pergaulan dengan dunia luar, adanya ajakan untuk mencari kerja di kota, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar