Senin, 21 Februari 2011

Minum air putih itu baik lhoo…


     Sekitar 80% tubuh manusia itu terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Normalnya, kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlahnya harus ditambah setengahnya. Air diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Dokter juga menyarankan supaya kita mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Ini dia akibatnya kalau kita kurang minum air putih…

     Jika kita mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya memang tidak terasa langsung. Tapi, konsekuensinya tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Contohnya dari darah. Kekurangan air bagi darah sangat berbahaya bagi tubuh lho... Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

     Darah yang kental itu juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Kalu begini, ginjal akan rusak dan bisa saja nanti akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa gaul dokter sih biasa disebut hemodialisis. Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Gimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air yaaaa!!!

10. Manfaat Air Putih


  1. Memperlancar sistem pencernaan (terhindar dari sembelit)  
  2. Memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati.  
  3. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.  
  4. Perawatan kecantikan.
  5. Untuk kesuburan.
  6. Menyehatkan jantung.
  7. Sebagai obat stroke 
  8. Efek relaksasi 
  9. Menguruskan badan.
  10. Tubuh lebih bugar

   Jika kita beraktivitas di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

Ternyata, air putih banyak manfaatnya kan?
Ayo, mulai konsumsi air putih dari sekarang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar